021 54317823; 021 54317606

Ini Solusi Error ETAX-40001 pada Efaktur

JAKARTA, JSTAX.CO.ID - Sering kali saat mengakses efaktur kita mengalami kendala atau error, salah satunya adalah error dengan kode E-TAX-40001: Tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server Anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya:

1. Pastikan Internet Tersambung

Efaktur adalah aplikasi desktop yang memerlukan akses internet untuk terhubung ke server milik DJP. Untuk itu pastikan komputer atau laptop terhubung dengan internet dan memiliki kualitas sinyal yang baik. Apabila masih terjadi error, percobaan berikutnya adalah mengganti jaringan internet anda. Coba untuk menghubungkan dengan jaringan lain, seperti hotspot dari smartphone atau wifi yang tersedia.

2. Antivirus

Antivirus seringkali menghapus file-file yang dianggap mencurigakan, sering kali file-file yang terdapat dalam folder efaktur ikut terhapus oleh antivirus. Apabila menggunakan antivirus tambahan, coba untuk menonaktifkan terlebih dahulu, kemudian buka efaktur kembali. Apabila aplikasi efaktur dapat berjalan dengan normal, anda bisa memanfaatkan fitur "tambahkan pengecualian" atau "add exclusion" yang biasanya terdapat pada semua aplikasi antivirus. Tambahkan satu folder efaktur kedalamnya, kemudian simpan.

Bagi pengguna yang tidak menggunakan antivirus tambahan, windows telah dilindungi oleh antivirus bawaan bernama windows defender. Anda dapat melakukan langkah yang sama seperti diatas pada windows defender dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu settings
  2. Pilih tab privacy & security
  3. Pilih windows security
  4. Masuk ke menu virus & threat protection
  5. Pada bagian virus & threat protection pilih manage settings
  6. Lalu pada bagian paling bawah terdapat menu exclusions, pilih add or remove exclusions
  7. Pilih add an exclusions, kemudian pilih folder
  8. Kemudian arahkan pada folder efaktur dan klik select folder

Apabila efaktur masih tidak berfungsi, anda dapat melanjutkan ke step berikutnya.

3. Firewall

Sama seperti antivirus, firewall dapat menghambat akses aplikasi dalam komputer kita. Firewall bertugas mengontrol akses aplikasi yang menggunakan jaringan pribadi atau publik. Coba untuk nonaktifkan firewall pada komputer anda, kemudian akses kembali aplikasi efaktur. Apabila efaktur dapat berjalan dengan baik, nyalakan kembali firewall dan mari kita lakukan perizinan pada aplikasi efaktur agar dapat melewati firewall. Ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke menu settings
  2. Pilih tab privacy & security
  3. Pilih windows security
  4. Masuk ke menu firewall & network protection
  5. Pilih allow an app through firewall
  6. Lalu pilin change settings.
  7. Pilih allow another app, dan klik browse...
  8. Kemudian arahkan pada folder efaktur, pilih etaxinvoice.exe dan klik open
  9. Aplikasi akan bernama "This file is the main program", kemudian pilih add
  10. Lakukan langkah nomor 8 pada etaxinvoiceupd dan etaxinvoicemain

Apabila efaktur masih tidak berfungsi, anda dapat melanjutkan ke step berikutnya.

4. Sertifikat Elektronik

Kemungkinan selanjutnya apabila efaktur masih terdapat error Etax-40001 adalah sertifkat elektronik yang telah kedaluwarsa. Cek kembali masa berlaku sertifikat elektronik di https://efaktur.pajak.go.id/. Apabila sertifikat masih berlaku, coba untuk lakukan patch ulang sertifikat yang masih berlaku pada menu referensi - administrasi sertifikat pada aplikasi efaktur.

5. Server Down

Karena banyaknya permintaan akses server DJP, seringkali server mengalami overload sehingga aplikasi efaktur tidak dapat terhubung dengan server DJP. Tanyakan channel konsultasi DJP melalui website maupun media sosial DJP untuk mengetahui apakah ada gangguan pada server. Apabila kendala terjadi pada server DJP, silahkan mencoba kembali secara berkala. (asr)